Kurikulum

Kurikulum pendidikan tinggi pada Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Khairun disusun dalam bentuk seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi. Kurikulum Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Khairun disusun berdasarkan surat edaran Kemenristekdikti nomor 255/B/SE/VIII/2016 tentang pedoman penyusunan kurikulum Perguruan Tinggi. Kurikulum harus memuat standar capaian pembelajaran (CP) yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi dalam Lampiran Permenristekdikti nomor 44 tahun 2015 tentang penerapan kurikulum yang mengacu pada KKNI atau Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia level 6 (enam). Kurikulum Program Studi (PS) Pendidikan Kimia FKIP Universitas Khairun sebelum diimplementasi pada tahun ajaran 2017-2018 terlebih dahulu dikakukan peninjauan kurikulum pada tahun 2016 melalui rapat FGD antara koordinator PS bersama dosen-dosen PS Pendidikan Kimia Universitas Khairun sesuai bidang kajian untuk mengevaluasi pelaksanaan kurikuum dalam perkuliahan dengan pertimbangan perkembangan IPTEK yang berorentasi kemasa depan guna mengakselerasi pencapaian visi, misi dan tujuan Program Studi. Dalam pelaksanaannya, peninjauan kurikulum melilibatkan juga stakeholder internal dari unsur pimpinan Fakultas, Universitas. Selain itu FGD juga melibatkan stakeholder eksternal seperti sekolah, guru, alumni dan pihak swasta untuk mendapatkan input berupa usulan dan masukkan yang menjadi pertimbangan penting dalam penyusunan kurikulum. Penyusunan kurikulum disempurnakan dengan memperhatikan usulan asosiasi ketua Program Studi/Jurusan Kimia Se-Indonesia pada kegiatan Himpunan Kimia Indonesia (HKI). Hasil dari peninjauan kurikulum disesuaikan  dengan visi, misi dan tujuan Program Studi berorentasi pada masa depan yang tercermin dalam beberapa matakuliah, diantaranya:

  1. Matakuliah Kewirausahaan
  2. Matakuliah Kimia Mineralogi dan Material Vulkanik
  3. Workhsop Pendidikan Kimia
  4. Kimia Bahan Alam
  5. Manajemen Sekolah
  6. Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP)
  7. Prraktikum Kimia Sekolah
  8. Bahasa Ingris Profesi

Penetapan kurikulum yang telah relevan dengan visi, misi dan tujuan PS Pendidikan Kimia FKIP Universitas Khairun didukung dengan suasana akademik, sarana dan prasarana sehingga dapat meningkatkan kualitas lulusan profesional untuk memenuhi permintaan dunia kerja. Impelementasi kurikulum pada tahun ajaran 2017-2018 untuk mahasiswa angkatan 2017 hingga sekarang, sedangkan mahasiswa angkatan 2017 ke bawah/sebelumnya menggunakan kurikulum lama.

5.1.1 Kompetensi

Profill lulusan sangat penting dan diharapkan dapat dilakukan oleh lulusan program studi pendidikan kimia FKIP Universitas Khairun di dunia kerja atau masyarakat. Profil lulusan program studi pendidikan kimia FKIP Universitas Khairun tercantum pada Tabel 5.1.

Tabel 5.1 Profil lulusan Program Studi Pendidikan Kimia

No.

PROFIL LULUSAN

DESKRIPSI

1

Tenaga Pendidik di Sekolah Menengah dan Sederajat Mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berbasis keilmuan, karakter, dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Menengah dan sederajat.

2

Peneliti Pemula Pendidikan Menengah dan    Sederajat Mampu menganalisa dan memecahkan permasalahan pembelajaran serta menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah menengah dan sederajat.

3

Peneliti Pemula dan Laboran/teknis Laboratorium kimia Mampu merencanakan, melaksanakan, mengelola dan mengevaluasi serta mengembangkan penelitian kimia dan manajemen laboratorium kimia

4

Praktisi dan Konsultan Pendidikan Menengah dan Sederajat Mampu merencanakan, melaksanakan, mengelola, mengevaluasi, serta mengembangkan program pendidikan untuk satuan pendidikan menengah dan sederajat..